Ads 468x60px

Photobucket

Sabtu, 24 November 2012

Aplikasi Database Administrasi Rumah Bersalin XYZ Menggunakan JAVA, MySQL dan iReport

Assalamu'alaikum
Judul: Aplikasi database adminisrasi rumah bersalin xyz menggunakan JAVA, MySQL dan iReport.
Penulis: Dessy Tri Anggraeni.
Kampus: Gunadarma.

Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, komputer mempunyai peranan sangat penting untuk menghasilkan informasi yang lebih detail, cepat dan akurat. Peran serta komputer merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses berjalannya bisnis dalam lingkungan instansi menengah hingga besar. Hal ini berkaitan pula dengan pekembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya saat ini hampir semua kegiatan dilakukan secara komputerisasi.

Sudah banyak instansi–instansi pemerintah ataupun swasta yang memanfaatkan teknologi komputer saat ini, namun hal itu menunjukkan bahwa pihak manajemen menuntut sistem informasi yang baik dan cepat terhadap berbagai kebutuhan. Perkembangan teknologi komputer harus di dukung oleh sistem yang baik, tenaga kerja yang handal dan siap pakai yang dapat bekerja untuk menjalankan kegiatan secara baik dan benar.

Rumah Bersalin ini merupakan salah satu instansi pelayanan umum di bidang kesehatan. Rumah bersalin tersebut masih menggunakan pencatatan secara manual. Komputerisasi yang dilakukan dalam kegiatan penyimpanan data dan pengelolaan administrasi akan sangat menunjang dalam efisiensi dan efektifitas pengolahan data di rumah bersalin tersebut.

Pembuatan aplikasi administrasi dan pengolahan data pada rumah bersalin ini adalah kegiatan yang dibahas oleh saya dalam pembuatan penulisan ilmiah ini. Dengan demikian, pada semester 6 saya membuat penulisan ilmiah dengan judul “Aplikasi database adminisrasi rumah bersalin xyz menggunakan JAVA, MySQL dan iReport”.

Tujuan saya membuat penulisan ilmiah ini adalah membuat aplikasi database administrasi Rumah Bersalin xyz menggunakan JAVA, MySQL dan iReport. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu dan mempermudah pihak Rumah Bersalin dalam penyimpanan data dan pengelolaan administrasi pada rumah bersalin tersebut.

Batasan masalah yang dibahas meliputi pendataan pasien, pendataan pemeriksa, pendataan layanan, pendataan rujukan, pengolahan administrasi serta pencetakan nota pembayaran dan laporan yang ada pada rumah bersalin tersebut.

Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk membuat aplikasi ini adalah sebagai berikut : Windows 7 64 bit sebagai sistem operasi, Java NetBeans IDE 7.0 sebagai editor program Java, MySQL sebagai basis data, MySQL ODBC Driver sebagai konektor Java dan MySQL, I-report 4.0.2 untuk mendesain file laporan, Jasperreport 4.0.2.

Dibawah ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam pengimplementasiannya :
1. Pertama download aplikasi (folder aplikasi database admiistrasi rumah bersalin berserta library-library yang digunakan) dan klinik.sql (database nya).
2. Setelah itu import klinik.sql ke PHPMyAdmin yang ada di komputer anda. Jika tidak tahu cara nya, bisa lihat disini.
3. Jika semua pengaturan sudah dilakukan, anda sudah bisa menjalankan file aplikasi.jar yang ada di dalam folder lib
4. Yang terakhir masukkan nama penggunanya yaitu dessy tri anggraeni dan password nya yaitu amalia.

Berikut ini adalah tampilan output aplikasi ketika dijalankan:


Note:
Berhubung aplikasi ini saya masukkan ke dalam web dan dapat di akses oleh semua orang, maka nama dan data yang ada di aplikasi ini saya buat tidak real demi kenyamanan rumah bersalin tersebut. Di aplikasi ini pun jika ingin merubah data perlu ada password yang hanya bisa di akses oleh pemilik demi keamanan datanya. Jika terdapat kesamaan nama,dll yang ada di aplikasi ini, saya mohon maaf karena nama yang ada di aplikasi ini saya buat tidak real khusus untuk saya masukkan ke web ini.
Cantumkan alamat web ini jika ingin mengcopynya demi ke originalitas dari pembuatan aplikasi ini.

Terimakasih. ^_^

Salam Penulis Dessy Tri Anggraeni. Sumber: dessytri.com

1 komentar:

  1. tolong sekalian bantu kunjungi web saya ya di http://dessytri.com/
    makasi :)

    BalasHapus